Sel. Apr 16th, 2024


1.  Masukkan judul artikel atau halaman.

Jangan ketikkan judul dalam tanda kutip atau teks miring. Gunakan huruf kapital pada huruf pertama di kata pertama saja, serta nama diri. Tambahkan titik setelahnya. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Solo.

2. Tentukan tanggal penerbitan jika memungkinkan

Masukkan tanggal dalam tanda kurung dengan format “tahun-bulan-tanggal” dan sisipkan koma di antara tahun dan bulan. Jika hanya informasi tahun yang tersedia, cukup tambahkan tahun. Jika tidak ada informasi tanggal penerbitan, cantumkan “n.d.” (no date atau tanpa tanggal). Lanjutkan dengan kurung tutup dan titik. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Solo. (2011, Mei 28).

3. Cantumkan tanggal akses

Masukkan tanggal akses saat Anda mengambil kutipan tersebut. Diawali dengan kata “Retrieved” atau “Diakses pada”. Kemudian tambahkan format bulan, tanggal, tahun, dan tambahkan koma setelahnya. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Solo. (2012, April 28). Diakses pada Januari 11, 2020.

4. Tambahkan nama situs web dan URL sumber informasi

Untuk menambahkannya, awali dengan kata “from” atau “dari” untuk bahasa Indonesia. Masukkan nama situs, kemudian ikuti dengan titik dua. Akhiri dengan URL sumber. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Soli. (2012, April 28). Diakses pada Januari 11, 2020 dari artikel ilmiah: https:www.portalsolo.com/analisisungaibengawansolo18672  

Selain tidak ada penulis, Anda juga akan menemukan kutipan yang akan Anda kutip ternyata mengutip orang lain (kutipan dalam kutipan).

diambil dari :

https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-kutipan-dari-berita-online/